Memperingati Hari Pers Nasional


Peringatan hari pers nasional yang baru-baru ini digelar, merupakan satu apresiasi tinggi untuk insan media. Perkembangan jurnalisme di Indonesia sangat pesat. Beragam produk, karya menjadi salah satu prestasi yang telah diraih oleh insan media.
Seiring perkembangan teknologi, media tidak sekedar berkutat dalam media cetak semata. Media online saat ini tengah digandrungi oleh beragam khalayak luas. Berbagai berita ter-update bisa kita nikmati setiap saat. Begitu cepatnya update berita terkini dalam media online, juga harus diimbangi dengan adanya kualitas berita yang ditulis. Masyarakat sebagai pembaca tentu menginginkan pemberitaan yang komprehensif dan sesuai dengan kenyataan.
Banyaknya kasus baik dibidang ekonomi, sosial, maupun budaya membuat ramai pemberitaan di media masa. Slogan “Pers Sehat, Bangsa Hebat” ini memiliki makna yang sangat berarti jika diaplikasikan semaksimal mungkin. Sebagai pembaca dan penikmat berita, penulis tentu mengharapkan insan pers mampu memiliki konsistensi dalam menjaga kestabilan tulisan. Provokasi dari beragam pihak manapun seharusnya mampu dihadang dengan kemampuan menjaga citra sekaligus independensi pers.  
Munculnya Pegiat Jurnalisme
Media kini tidak hanya dikembangkan oleh perusahaan media masa. Dibeberapa sekolah maupun perguruan tinggi di Indonesia, lembaga pers mulai berkembang pesat. Di Perguruan Tinggi terdapat Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia yang hingga kini tetap eksis dengan aktivitas pers.
Jurnalis cilik hingga pegiat jurnalisme mulai berkembang. Beragam surat kabar, majalah, tabloid dan sebagainya dikeluarkan sebagai bukti kemampuan jurnalis dalam mengembangkan bakat dan karyanya. Pada hakikatnya, pemeran jurnalisme bukan hanya wartawan atau pemilik media semata. Lebih dari itu, setiap masyarakat memiliki andil penting dalam membentuk sebuah opini masyarakat. Tentu bukan hal yang tabu jika banyak pewarta yang berasal dari background pendidikan yang beragam. Sebab, dalam berbagai aktivitas, sesungguhnya aktivitas jurnalisme telah kita lakukan tanpa kita sadari.
            Dukungan terhadap aktivitas jurnalisme, terutama di sekolah maupun kampus harus terus mengalir. Aktivitas jurnalisme yang didukung dengan baik, niscaya akan menghasilkan karya yang luar biasa hebat. Sebab, tiada hari tanpa pewarta, dunia tanpa berita, dan kita semua adalah pemerannya.


0 komentar:

Post a Comment

 
MALIKHAH SAN © 2012 | Edited Designed by Kurungan Celotehan