Wisata Perdamaian Di Desa Plajan


Oleh, Malikhah
Pesona agrowisata pantai ataupun indahnya panorama pegunungan mungkin sudah biasa kita temui. Sesekali, coba kita telusuri unik dan beragamnya agrowisata yang terdapat di Jawa Tengah. Salah satunya adalah desa Perdamaian yang terletak di Plajan Jepara. Desa Plajan telah terkenal dengan nama desa perdamaian, tidak hanya pada taraf nasional, namun tingkat internasional.
Masyarakat desa Plajan mampu hidup berdampingan dengan rukun dan damai, meskipun berbeda keyakinan. Di desa ini terdapat 3 agama yang dianut oleh masyarakat Plajan, diantaranya agama Islam, Hindu, dan Kristen. “Warga desa Plajan ini terdiri dari berbagai keyakinan agama, dan mereka dapat hidup berdampingan dengan damai dan rukun,” ujar Purwadi salah satu warga desa Plajan. Jika anda berkeliling di desa ini, anda akan menemukan banyak tempat ibadah yang dibangun secara berdampingan. Keramahan masyarakat menjadikan desa Plajan semakin damai.
Sumarwoto selaku petinggi desa Plajan menjelaskan bahwa desa Plajan merupakan desa yang memiliki berbagai macam potensi wisata yang dapat digali informasinya. “Desa Plajan ini memiliki agro wisata Gong Perdamaian, Goa Sakti, Akar Seribu, dan sebagainya,” tambah Marwoto yang juga perintis konservasi alam di desa ini.
Simbol Perdamaian
Salah satu simbol perdamaian di desa Plajan ini adalah gong perdamaian. “Gong Perdamaian sudah ada sejak dahulu, dan sekarang gong perdamaian ini diwariskan kepada Djuyoto Suntani yang merupakan pewaris gong keturunan ke tujuh,” ungkap petugas penjaga gong. Dia menuturkan bahwa gong perdamaian tersebut merupakan simbol perdamaian dunia yang melambangkan kerukunan umat beragama di seluruh dunia.
Gong perdamaian ini telah ditempatkan di 202 negara di seluruh dunia. Penempatan gong di 202 negara ini merupakan sumbangan dari presiden perdamaian Djuyoto Suntani selaku tokoh perdamaian dunia asal Plajan Jepara. Menurut keterangan yang dihimpun, gong perdamaian ini diluncurkan pertama kali di Bali pada tahun 2002 lalu oleh Megawati Soekarno Putri. Jika diamati, terdapat 202 bendera negara dunia yang tertempel di lingkaran luar gong perdamaian. Ditengah lingkaran gong, terdapat tulisan World Peace Gong dan sepasang bunga perdamaian sebagai identitas. Sedangkan dilingkaran dalam terdapat 9 simbol agama terbesar didunia, dan lingkaran paling dalam/ puncak, terdapat gambar bola dunia. Dikawasan sekitar gong perdamaian, juga terdapat sumur perdamaian, aneka lukisan perdamaian, dan the earth center (pusat bumi).
Selain itu, di desa Plajan ini juga terdapat goa sakti dan akar seribu yang menjadi agro wisata yang mampu memberikan daya tarik tersendiri. Goa sakti terletak sekitar 1 kilometer dari pusat gong perdamaian. Begitu pula dengan akar seribu. Di kawasan akar seribu, anda akan disambut rimbunnya pepohonan yang memiliki akan yang sangat banyak. Bergegaslah untuk mengagendakan wisata unik di desa Plajan ini.


0 komentar:

Post a Comment

 
MALIKHAH SAN © 2012 | Edited Designed by Kurungan Celotehan