Maha Dahsyatnya Pendidikan


Oleh, Malikhah*
Pendidikan. Siapa yang tak mengenalnya. Siapa pula yang tak pernah mengenyamnya. Siapapun orangnya, pasti mengalami proses pendidikan. Pendidikan tidak terbatas ruang dan waktu, begitupun persoalan pelaku. Bayi yang belum lahirpun, sudah mendapatkan pendidikan. Yah, pendidikan prenatal telah dialami bayi saat dalam kandungan. Betapa maha dahsyatnya pendidikan, hingga terkadang kita lupa dan tidak sadar bahwa kita telah mengenyam pendidikan.
Sejatinya pendidikan tidak sebatas sekolah formal seperti yang kita lihat pada umumnya. Jika pendidikan diartikan layaknya sekolah-sekolah formal itu, maka kita telah terjebak dengan adanya simbol-simbol dalam pendidikan. Penulis berpendapat bahwa sekolah formal yang ada di Indonesia itu merupakan salah satu simbol pendidikan. Itupun masih dalam lingkup sangat kecil. Sedangkan pendidikan memiliki ruh dan juga makna yang begitu luas.
Plato mengungkapkan bahwa pendidikan haruslah membuat manusia menjadi good and smart. Artinya, menjadikan manusia sebagai manusia yang baik dan pintar, cerdas menjadi tujuan dalam sebuah pendidikan. Keduanya merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, manusia tidak cukup menjadi manusia yang baik saja, namun juga smart,begitu sebaliknya. Kedua hal tersebut haruslah beriringan.
Perkembangan Pendidikan
Pendidikan yang kini menjelma menjadi berbagai bentuk, membuat simbol-simbol pendidikan menjadi lebih jelas. Pendidikan formal, informal, maupun pendidikan non formal telah berkembang begitu pesat. Sekolah sebagai salah satu simbol dalam pendidikan, saat ini tidak seperti sekolah dahulu. Sekolah tidak cukup dilakukan disebuah gedung dengan kelas-kelas yang berjajar rapi, lebih dari itu, lingkungan diluar gedung-gedung mampu dijadikan tempat belajar. Yah, kita pasti mengenal Paulo Freire. Tokoh pendidikan pembebasan ini telah menginspirasi berbagai kalangan dengan pemikirannya. Freire yang menawarkan pendidikan yang membebaskan, tidak terikat dengan simbol-simbol seperti ruang, waktu, mata pelajaran, maupun seragam yang digunakan. Freire menunjukkan bahwa pendidikan mencakup berbagai aspek yang sangat luas.
Di Indonesia banyak kita lihat lembaga pendidikan yang terinspirasi dari pemikiran Freire. Pasti kita tidak asing lagi dengan adanya homeschooling Kak Seto ataupun sekolah alam Qorriyah Toyyibah di Salatiga. Lembaga ini tidak terikat dengan sistem yang ada dalam sekolah-sekolah formal pada umumnya.
Meskipun perkembangan pendidikan melalui lembaganya berkembang begitu pesat, kita sebagai pelaku pendidikan jangan sampai terjebak dalam formalitas sebuah pendidikan. Adanya perubahan perilaku seseorang menjadi good and smart merupakan hakekat sebuah pendidikan. Sehingga pendidikan memiliki makna yang sangat luas dan dapat dilakukan dengan beragam cara sehingga menjadikan manusia-manusia yang good and smart.
Kritik pendidikan formal yang tidak membebaskan bagi sebagian anak menjadikan pendidikan formal kita patut berbenah dengan segala sistem yang ditawarkan. Salah satu tawaran dengan adanya pendidikan berbasis kebutuhan anak dengan berpijak pada local living conteks (konteks kehidupan lokal) akan membuat anak bebas dalam belajar sesuai dengan kebutuhan anak. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan terlebih sesuai dengan kebutuhan anak akan mampu menciptakan pendidikan yang membebaskan.
Dalam peringatan hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari Jumat (2/5/2014) ini, sebagai insan pendidikan jelas berharap pendidikan mampu menjadikan setiap orang berubah menjadi lebih baik. Anak bangsa sudah pasti mendapatkan pendidikan setiap harinya, meskipun tidak mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah formal. Pengetahuan akan luasnya makna dan dan implementasi sebuah pendidikan haruslah ditanamkan dalam mindset masyarakat. Sehingga masyarakat tidak terjebak dalam makna dan implementasi pendidikan yang hanya disimbolkan dengan adanya sekolah-sekolah formal.

                                    *Pimpinan Umum LPM Edukasi dan Pasukan SRIKANDI



0 komentar:

Post a Comment

 
MALIKHAH SAN © 2012 | Edited Designed by Kurungan Celotehan